Frequently Asked Question

Cara Setting Email di Android
Last Updated 2 years ago

Persiapan Setting Email di Android

Sebelum melakukan setting email di Android, tentu saja anda harus mempersiapkan informasi seprti : alamat Email,Password Email,Server email (Alamat WEB biasa untuk mengakses Email).

Contoh : Email : try.pandji@kallagroup.co.id

Password : **********

Server Email : mail.kallagroup.co.id

Setting Email di Android

Setelah informasi email tersebut diperoleh, maka tahap selanjutnya yaitu melakukan setting email di Android. Adapun langkah- langkahnya yaitu :

1. Silahkan buka pengaturan email pada smartphone Android yang anda miliki. Biasanya, pengaturan email terdapat di menu Setelan atau Settings. Kemudian pada bagian Akun pilih Email.

2. Lalu anda akan diarahkan ke halaman pilihan penyedia email. Pilih Other (POP3/IMAP) agar anda dapat melakukan setting email dengan domain sendiri di Android.

3. Setelah itu, pilih metode konfigurasi dalam setting email di Android. Apakah menggunakan IMAP atau POP3. Sebaiknya gunakan IMAP saja, karena IMAP sifatnya dapat sinkronisasi dua pihak antara client maupun server. Sebagai contoh, anda akan menghapus email yang masuk dari smartphone android. Maka di sisi server, email tersebut juga akan terhapus

4. Kemudian anda akan diarahkan ke Halaman Pengaturan Server Masuk (Incoming Server). Tuliskan nama email, nama pengguna dan password sesuai dengan informasi manual settings. Untuk Server IMAP tuliskan sesuai dalam informasi manual settings. Adapun jenis keamanannya pilih SSL/ TLS agar lebih aman. Dan tuliskan port IMAP yaitu 993. Lalu klik Berikutnya.

5. Kemudian pada halaman Pengaturan Server Keluar (Outgoing Server) isikan sesuai dengan informasi manual settings. Tuliskan nama server SMTP beserta port nya. Pilih SSL/ TLS untuk keamanan data. Tuliskan nama pengguna dengan alamat email beserta passwordnya. Setelah itu klik Berikutnya.

6. Anda dapat melakukan pengaturan dalam proses sinkronisasi email. Misalnya, frekuensi pemeriksaan kotak masuk, periode sinkronisasi email, dan beberapa pengaturan lainnya yang dapat anda pilih. Lalu klik Berikutnya.

7. Tunggu hingga proses sinkronisasi selesai. Setelah proses sinkronisasi selesai, maka akan muncul tampilan pengelolaan email seperti kotak masuk, kotak keluar, kotak terkirim dan sebagainya

Selesai

Cara setting email di Android merupakan hal yang mudah dilakukan. Anda dapat melakukan setting email di Android seperti anda melakukan setting email di Outlook. Hanya butuh informasi akun email POP3/ IMAP, maka anda dapat melakukan sinkronisasi email domain dengan akun email di smartphone android.

Note : Setting Email menggunakan Smartphone Xiaomi Redmi 3 dengan sistem operasi Lollipop

https://it.kallagroup.co.id/it/content/setting-email-di-android

Please Wait!

Please wait... it will take a second!